Aturan Cuci Mobil saat Musim Hujan – Jika Anda tinggal di tempat musim dingin yang membawa salju, lumpur, pasir dan garam, hampir tidak mungkin menjaga eksterior mobil Anda tetap bersih. Anda perlu mencucinya, tetapi seberapa sering?

Aturan Cuci Mobil Saat Musim Hujan

Inilah yang direkomendasikan para ahli.

Garam, pasir, dan bongkahan es. Menjaga mobil Anda bersih selama musim dingin mungkin tampak seperti tugas yang mustahil. Setelah Anda mencucinya, itu kotor lagi dalam waktu singkat. Garam itu mungkin bermanfaat ketika mencairkan salju dan es di jalan, tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan Anda. Garam, ketika melekat pada kendaraan Anda, membuka pintu untuk oksidasi, yang dapat menyebabkan karat. Jadi, seberapa sering Anda harus mencuci mobil di musim dingin? Atau, hanya buang-buang waktu saja? Para ahli mengatakan itu tergantung pada sejumlah faktor.

Dimana Anda tinggal?

Jika Anda tinggal di daerah yang membutuhkan garam di jalan selama musim dingin, Anda harus mencuci mobil Anda secara rutin sekitar satu atau dua minggu menurut Morrie, dealer mobil di Inver Grove Heights, Minnesota. Jika Anda tinggal di daerah yang tidak mengandung garam dan memiliki musim dingin yang ringan, Anda bisa sedikit lebih lama.

Jika jalan terlihat putih karena tertutup setiap minggu mungkin akan menjadi pilihan cerdas. Semuanya tergantung pada kondisi, tetapi setiap sepuluh hingga 14 hari adalah aturan praktis yang baik untuk catatan dealer di situs webnya. Ingatlah bahwa mengeluarkan garam dari bagian bawah tubuh mobil itu penting ketika mencegah karat pada komponen mobil Anda. Berikut adalah 27 hal yang perlu diingat saat menyiapkan mobil untuk musim dingin.

Baca Juga: Nyetir Mobil Saat Hujan, Perhatikan Hal Ini!

Jenis cuci mobil apa yang terbaik?

Anda harus menyadari bahwa bukan hanya seberapa sering Anda mencuci mobil yang diperhitungkan. Cara Anda mencucinya juga membantu. Dengan menggunakan tongkat bertekanan genggam, mulailah dari atas kendaraan dan turunkan ke bawah. Berikan perhatian khusus pada sumur dan bagian bawah roda mobil, karena garam dan kotoran cenderung mengumpul di sudut-sudut undercarriage. Bilas dan keringkan selengkap mungkin. Jika Anda memilih untuk pencucian mobil drive-through, pastikan itu termasuk pencucian undercarriage Anda mungkin harus membayar ekstra. Pertimbangkan untuk merawat area yang berpotensi bermasalah dengan semprotan penghambat korosi yang murah.

Di mana Anda parkir?

Anda mungkin berpikir bahwa memarkir mobil di garasi membantu ketika kendaraan Anda bersih dan terlindung dari musim dingin yang terburuk, tetapi itu belum tentu demikian. Ketika lumpur beku mencair, uap air akan bereaksi dengan garam dan dengan demikian mempercepat korosi, menurut Daftar Angie. Kendaraan yang diparkir di luar memang memiliki kelemahan terkena elemen, tetapi es, salju dan lumpur asin lebih cenderung tetap beku, yang memperlambat sifat korosif dari garam. Ingatlah ini harus perawatan mobil musim dingin lainnya sebelum mengekspos mobil Anda dengan garam dan lumpur.

Garis bawah

Intinya menjaga kebersihan mobil Anda sepanjang musim dingin: Pastikan untuk mencucinya secara teratur, berhati-hatilah untuk mendapatkan area di bawah kendaraan. Angie’s List mencatat sebaiknya mencuci mobil Anda saat suhu 40 derajat F atau lebih tinggi, pada siang hari, sehingga kendaraan memiliki cukup waktu untuk mengering sebelum suhu turun di bawah titik beku dan berpotensi membekukan pintu Anda hingga tertutup.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Rawat Mobil di Musim Hujan

Selain itu, untuk membantu menjaga interior tetap bersih, gunakan alas lantai dari karet untuk menghindari lumpur yang asin di karpet. Anda juga ingin menghindari menyimpan barang-barang ini di mobil Anda musim dingin ini untuk mencegah kekacauan, atau sesuatu yang jauh, jauh lebih buruk.